cover
Contact Name
Rahmita Nurul Muthmainnah
Contact Email
rahmita_nurul@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
fibonacci@umj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
ISSN : 24607797     EISSN : 26148234     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika" : 9 Documents clear
PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 Herwina Bahar; Venni Herli Sundi; Iswan ,
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 7, No 2 (2021): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.7.2.135-142

Abstract

Masa pandemi covid 19 membawa permasalahan baru terhadap kesulitan belajar siswa di rumah, hal ini membutuhkan peran serta orang tua dalam mendampingi kesulitan belajar anaknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pendampingan orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada masa pandemi covid 19. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analisis dengan jumlah sampel sebanyak 157 responden yang terdiri dari orang tua siswa kelas IV, V, dan VI SD Lab School FIP-UMJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi orang tua dan guru sangat baik (31,21%) dan 64,97% baik. 91,08% orang tua melakukan pendampingan belajar anaknya ketika menghadapi kesulitan belajar. Sementara itu 35,03% orang tua menyiapkan ruangan khusus untuk anaknya belajar dan 38,22% orang tua menyiapkan waktu khusus untuk anaknya belajar. Kesulitan yang dihadapi orang tua dalam pendampingan anaknya 50,96% adalah tentang materi pelajaran dan permasalahan konsentrasi anak (35,67%). Sementara itu 70,70% orang tua mendalami materi pelajaran anak mereka dengan sungguh-sungguh, sehingga mereka dapat mengatasi secara langsung kesulitan yang dihadapi oleh anaknya, dengan strategi 71,34% orang tua mengkondisikan waktu belajar anak di rumah sesuai dengan jadwal yang diberikan dari sekolah, meskipun ada kendala yang dihadapi adalah kesibukan orang tua (50,96%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa orang tua SD Lab School FIP-UMJ melakukan pendampingan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika dengan mempelajari dan mencermati secara langsung pelajaran matematika, mengalokasikan waktu belajar di rumah sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan menjalin komunikasi aktif dengan guru untuk mengatasi berbagai macam kedala dan kesulitan belajar.
PENERAPAN SCAFFOLDING SEBAGAI SOLUSI MEMINIMALISIR KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV Silviana Maya Purwasih; Erika Rahmadhani
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 7, No 2 (2021): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.7.2.91-98

Abstract

Kesalahan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah matematis menunjukkan adanya kesulitan yang mereka alami dalam memahami suatu konsep. Sehingga dibutuhkan suatu upaya untuk menyelesaikan permasalah tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan scaffolding yang diberikan kepada subjek berdasarkan bentuk kesalahan yang dilakukan. Kesalahan tersebut sebelumnya telah dianalisis berdasarkan tahapan kastolan. Adapun bentuk scaffolding yang diterapkan berupa tiga tingkatan yaitu, 1) lingkungan belajar yang mendukung, 2) interaksi langsung antara guru dan siswa; meliputi tahap explaining, reviewing, serta restructuring, dan 3) penekanan berfikir konseptual. Pada tahap lingkungan belajar yang mendukung, proses penerapan scaffolding diberikan melalui Google Meet setelah pemberian tes tahap 1 dan 2 melalui google classroom dan WhatsApp Group. Perubahan lingkungan belajar ini juga bertujuan untuk memaksimalkan tahap interaksi langsung antara guru dan siswa. Pada tahap kedua, scaffolding diberikan berupa penjelasan ulang tentang metode penyelesaian SPLDV, peninjauan hasil pekerjaan siswa, dan merestrukturasi materi bahasan yang dirasa sulit. Pada tahap ketiga peneliti memberikan penekanan tentang perbedaan metode eliminasi dan substitusi yang kerap menyebabkan siswa mengalami kesulitan. Melalui analisis yang telah dilakukan tersebut, didapat data sebagai berikut: dari 3 subjek terpilih diketahui 2 subjek penelitian mengalami perubahan positif setelah pemberian scaffolding, sedangkan 1 subjek yang lainnya tidak menunjukkan adanya perubahan positif.
ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS, NILAI MATEMATIKA SEKOLAH DAN NILAI PADA MATERI ALJABAR BOOLEAN MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMATIKA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN Hastri Rosiyanti; Faisal Faisal; Viarti Eminita; Fitri Liani
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 7, No 2 (2021): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.7.2.143-154

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara kecerdasan logis matematis, nilai matematika sekolah, dan nilai pada materi aljabar Boolean ditinjau dari berdasarkan tingkat pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji korelasi Pearson Product Moment. Penelitian ini dilakukan pada tahun akademik 2020/2021 Genap dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa program studi pendidikan teknologi informatika semester satu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan kuisioner. Tes berbentuk uraian diberikan ke mahasiswa di akhir materi aljabar Boolean guna mendapatkan data nilai pada materi tersebut, sedangkan kuisioner diberikan ke mahasiswa guna mendapatkan data kecerdasan logis matematis dan data nilai matematika sekolah. Data penelitian akan diolah menggunakan uji korelasi Pearson  Product Moment. Hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan logika matematika dengan nilai ujian nasional matematika, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan logika matematika dengan nilai ujian nasional matematika ditinjau dari lulusan Sekolah Menengah Atas, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan logika matematika dengan nilai ujian nasional matematika ditinjau dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan.
KARAKTER MATHPRENEUR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI MATHEMATICAL LEARNING OBJECT BERBASIS BLENDED PICTORIAL ABSTRACK Yanti Mulyanti; Darhim Darhim; Turmudi Turmudi; Dadan Rahmat
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 7, No 2 (2021): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.7.2.99-108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter mathematics entrepreneur (mathpreneur) mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika melalui Mathematical Learning Object berbasis Blended Pictorial Abstrack pada 132 mahasiswa dalam mata kuliah kapita selekta matematika dari 4 perguruan tinggi di pulau Jawa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dengan metode survey, menggunakan instrumen berupa kuesioner yang pernyataannya didasarkan pada komponen karakter entrepreneur bidang matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa Pendidikan Matematika yang belajar melalui mathematical learning object based blended pictorial abstrack telah memilki karakter mathpreneur, dengan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 50,64%.
FENOMENA LITERASI SPASIAL SISWA: STUDI PADA GEOMETRI RUANG Itsna Lailatul Mas’udah; Sudirman Sudirman; Hery Susanto; Imam Rofiki
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 7, No 2 (2021): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.7.2.155-166

Abstract

Literasi spasial merupakan komponen penting yang harus dikuasai siswa. Literasi spasial mendukung pemahaman siswa tentang geometri ruang yang erat kaitannya dengan dunia nyata. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan literasi spasial siswa rendah. Oleh sebab itu, penelitian ini menyelidiki fenomena literasi spasial siswa pada pemecahan masalah geometri ruang. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti memberikan soal literasi spasial kepada 5 siswa kelas XII SMA dan meminta siswa menyelesaikannya. Kemudian, wawancara dilakukan kepada setiap siswa secara individu. Pada artikel ini, peneliti mendeskripsikan satu siswa yang memiliki kemampuan komunikasi tertulis dan lisan paling baik di antara keempat siswa lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari tiga domain literasi spasial, siswa hanya mampu mencapai semua indikator-indikator domain visualisasi dan penalaran. Sedangkan untuk indikator-indikator domain komunikasi, siswa hanya mencapai dua dari empat indikator.
MEMAHAMI PENGGUNAAN REGRESI PADA DATA RESPON MULTINOMIAL UNTUK PENELITIAN SOSIAL DAN KEPENDIDIKAN Halimatus Sa'diyah; Riza Yuli Rusdiana
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 7, No 2 (2021): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.7.2.109-126

Abstract

Model logit multinomial digunakan untuk memodelkan sifat hubungan antara peubah respon politomus dan peubah penjelas. Ada dua model logit multinomial untuk peubah respon politomus yang strukturnya tak berurut: model logit terampat dan model logit bersyarat. Kedua model mempunyai struktur serupa, ,  j = 1, …, k, tetapi berbeda dalam karakteristik peubah penjelasnya. Logit terampat menggunakan karakteristik dari individu (subyek) sebagai peubah penjelas, sedang logit bersyarat menggunakan karakteristik dari pilihan individu.  Tulisan ini ingin menyajikan penggunaan keduanya dalam model regresi yang sering dibutuhkan dalam penelitian-penelitian sosial dan kependidikan. Ilustrasi melalui data hipotetik digunakan untuk memperjelas kebutuhan, kegunaan, metode analisis data sampai pada interpretasi hasil model regrgesi. Sajian komputasi yang ringkas dilakukan melalui dua software yang populer yaitu SAS untuk model regresi generalized-logit. Sedangkan untuk model regresi logit bersyarat dapat dilakukan dengan SAS dan SPSS. Baik SAS dan SPSS menyajikan hasil analsis regresi yang sama untuk model regresi logit bersyarat.
PENGGUNAAN APLIKASI QRCODE DAN SMARTY TEMPLATE ENGINE PADA PENGKODEAN BUKU (STUDI KASUS RUANG BACA COMPUTER SCIENCE FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN) Mahbubul Wathoni; Yasin Efendi; Rikaro Ramadi; Mia Hariyani; Diah Budi Ratriningrum
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 7, No 2 (2021): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.7.2.177-188

Abstract

Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita. Penelitian ini bertujuan merancang suatu aplikasi pengkodean buku untuk mempermudah dosen dan mahasiswa dalam mencari referensi untuk bahan kuliah maupun jurnal ilmiah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Aplikasi ini dikembangkan dengan pendekatan Rapid Application Development (RAD) dengan tools Unified Modeling Language (UML) dalam proses pemodelannya. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Aplikasi Pengkodean Buku dengan QRcode dan Smarty Template Engine dapat mempermudah dosen dan mahasiswa di ruang baca Computer Science.
PENGEMBANGAN RTA YANG ANDAL DAN VALID UNTUK CALON GURU MATEMATIKA Riva Lesta Ariany; Ara Hidayat; T. Tutut Widiastuti
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 7, No 2 (2021): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.7.2.127-134

Abstract

Mengembangkan instrumen reflective thinking attribute untuk mahasiwa calon guru matematika, yang valid dan reliable merupakan tujuan dari penelitian ini. Instrumen awal yang dikembangkan terdiri atas 23 item reflective thinking attribute, dengan melibatkan 86 orang mahasiswa calon guru matematika. Angket reflective thinking attribute disebar melalui aplikasi google form. Analisis data dilakukan dengan menghitung reliabilitas dan validitas dengan bantuan SPSS berupa reliability test dan factor anaysis. Hasil analisis reliabilitas, dan validitas angket menunjukan bahwa angket tersebut layak digunakan untuk mengukur reflective thinking attribute. Angket reflective thinking attribute yang telah dianalisis menjadi 22 item reflective thinking yang valid, dan dengan koefisien reliabilitas berkriteria tinggi.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA MATERI ALJABAR Minhaz Rihadatul Aisy; Ismah Ismah
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 7, No 2 (2021): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.7.2.85-90

Abstract

Kreativitas siswa sangat diperlukan terutama dalam menyelesaikan soal yang membutuhkan siswa untuk berfikir kreatif, namun model pembelajaran yang kurang menarik membuat kurangnya rangsangan terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi aljabar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pra-eksperimen dengan one grup pretest-postest design. Kemampuan berfikir kreatif siswa diukur dengan instrumen tes. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dilakukan uji paired t-test dan diperoleh nilai thitung sebesar 10,210 dan ttabel 2,101, sehingga nilai thitung  nilai ttabel dan dapat disimpulkan bahwa  dari hasil analisis thitung dan ttabel menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika dalam menyelesaikan soal aljabar.

Page 1 of 1 | Total Record : 9